Selasa, 16 Februari 2016

Kisi Kisi Pra UN / US






KISI-KISI PENULISAN SOAL
TES PRESTASI BELAJAR (PRA UJIAN NASIONAL/UJIAN SEKOLAH)





Sekolah                     :     SMA NEGERI  JAKARTA
Mata Pelajaran        :     EKONOMI
Kurikulum              :     KTSP
Alokasi Waktu        :     120 menit
Jumlah soal              :     40 soal
Bentuk Soal             :     Pilihan Ganda
Tahun Ajaran          :     2011 – 2012


                                                                             Oleh:   Drs.  Wiji Purwanta, M.Pd 

                                                                  

Jakarta, 18 Januari 2012


KISI-KISI PENULISAN SOAL
TES PRESTASI BELAJAR (PRA UJIAN NASIONAL/UJIAN SEKOLAH)

Sekolah                     :     SMA NEGERI  JAKARTA
Mata Pelajaran        :     EKONOMI
Kurikulum              :     KTSP
Alokasi Waktu        :     120 menit
Jumlah soal              :     40 soal
Bentuk Soal             :     Pilihan Ganda
Tahun Ajaran          :     2011 – 2012

No.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
Indikator SKL
Materi Pokok
Bahan Kelas/Smt
Indikator Soal
Nomor
Soal
1.
Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi, konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen, permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan
pasar.
Mendeskripsikan kebutuhan manusia, kelangkaan, atau masalah pokok ekonomi.
Kebutuhan





Kelangkaan
X/1
Disajikan ilustrasi tentang alat pemuas kebutuhan, peserta didik dapat membedakan antara barang konsumsi dengan barang produksi, atau barang substitusi dengan barang komplementer.

Disajikan pernyataan tentang kelangkaan sumber daya alam, peserta didik dapat menentukan cara mengatasi kelangkaan.

1
Masalah Pokok Ekonomi
X/1
Disajikan ilustrasi yang berhubungan dengan produksi barang, peserta didik dapat menentukan apa/bagaimana/untuk siapa barang diproduksi. 

2
Mendeskripsikan biaya peluang (hilangnya kesempatan pada tenaga kerja) atau sistem ekonomi.
Biaya Peluang


X/1
Ditampilkan ilustrasi salah satu kesempatan yang dipilih seseorang yang ingin bekerja dari beberapa kesempatan yang ada, peserta didik dapat menentukan biaya peluang.

3
Sistem Ekonomi
X/1
Disajikan masalah mengenai cita-cita/tujuan suatu negara untuk meningkatkan kesejahteraan rakyatnya, peserta didik dapat memecahkan masalah tersebut dengan sistem ekonomi tertentu.

4
Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dalam mencapai kepuasan maksimal dan pola perilaku produsen dalam mencapai laba/output maksimal, atau peran konsumen dan produsen
Pola Perilaku Konsumen/Produsen



Laba Maksimal

Peran Konsumen/ Produsen
X/1
Disajikan pernyataan yang berhubungan dengan perilaku produsen dan konsumen, peserta didik dapat menentukan perilaku produsen atau konsumen.



Disajikan ilustrasi peran rumah tangga produsen dan rumah tangga konsumen, peserta didik dapat menentukan peran rumah tangga produsen atau konsumen.
5
Mendeskripsikan pelaku ekonomi atau interaksinya dalam suatu perekonomian (circular flow diagram)
Circulair Flow Diagram
X/1
Disajikan gambar circulair flow, peserta didik dapat menentukan kegiatan yang dilakukan oleh RTK atau RTP.
6
Mendeskripsikan permintaan dan penawaran atau harga dan jumlah keseimbangan dengan tabel, grafik,
atau perhitungan matematika.
Permintaan/Penawaran
X/1
Disajikan fungsi permintaan/fungsi penawaran dan perubahan harga/jumlah, peserta didik dapat menghitung besar elastisitas permintaan/penawaran.

Ditampilkan kurva pergeseran permintaan atau penawaran, peserta didik dapat menentukan dampak dari pergeseran tersebut.
7
Harga/Jumlah/Titik Keseimbangan
X/1
Disajikan fungsi permintaan/fungsi penawaran, dan nilai pajak/subsidi, peserta didik dapat menghitung harga/jumlah/titik keseimbangan sebelum dan sesudah dikenakan pajak/subsidi.
8
Mendeskripsikan pasar barang (pasar output) atau pasar faktor produksi (pasar input).
Pasar Output
X/1
Disajikan ciri-ciri pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna, peserta didik dapat menentukan ciri dari pasar persaingan sempurna/tidak sempurna.
9
Pasar Input
X/1
Disajikan tabel yang berisi ciri atau peran pasar input, peserta didik dapat menentukan persamaan/perbedaan/ciri  pasar input tertentu.
10
2.
Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi, Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB),
Pendapatan Nasional (PN), inflasi, konsumsi, investasi, uang dan perbankan.
Mendeskripsikan ekonomi mikro dan ekonomi makro atau masalah yang dihadapi pemerintah di bidang
ekonomi.
Ekonomi Mikro/Makro



Masalah yang Dihadapi Pemerintah dalam Ekonomi
X/2
Disajikan beberapa permasalahan ekonomi mikro dan ekonomi makro, peserta didik dapat menentukan bahasan ekonomi mikro/makro.

Disajikan kasus/masalah pemerintah di bidang ekonomi, peserta didik dapat menentukan penyelesaian masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.
11
Mendeskripsikan konsep PDB, PDB harga berlaku, PDB harga konstan, pendapatan nasional, atau
pendapatan perkapita.
Konsep Pendapatan Nasional



Perhitungan Pendapatan Nasional
X/2
Disajikan data PDB, PDRB, PNB, PN, dan data lain yang berhubungan, peserta didik dapat menghitung besarnya Disposable Income/Personal Income.

Disajikan data yang diperlukan, peserta didik dapat menghitung pendapatan nasional dengan metode tertentu.
12
Pendapatan Perkapita
X/2
Disajikan data PNB/PDB beberapa negara di ASEAN, peserta didik dapat menentukan negara yang mempunyai pendapatan perkapita terendah/tertinggi.
13
Mendeskripsikan indeks harga atau inflasi berdasarkan data atau grafik
Indeks Harga


Inflasi
X/2
Ditampilkan tabel perubahan indeks harga konsumen, peserta didik dapat menafsirkan laju inflasi dengan tepat.
Disajikan kasus yang terjadi ketika terjadi inflasi, peserta didik dapat menentukan dampak inflasi.
14
Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan atau investasi berdasarkan data, atau grafik
Fungsi Konsumsi/Tabungan



Investasi
X/2
Disajikan fungsi konsumsi/tabungan dan perubahan pendapatan seseorang, peserta didik dapat menghitung besarnya tabungan/konsumsi.

Ditampilkan pergeseran kurva permintaan investasi, peserta didik dapat menjelaskan penyebab/dampak dari pergeseran tersebut.
15
Mendeskripsikan konsep dan teori uang, perbankan, atau kebijakan pemerintah di bidang moneter.
Uang




Bank
X/2
Disajikan beberapa pernyataan yang berisi pemanfaatan uang dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan salah satu motif.

Disajikan masalah yang berhubungan dengan produk perbankan, peserta didik dapat menjelaskan peranan bank dalam memecahkan masalah tersebut.
16
Kebijakan Moneter
X/2
Disajikan masalah yang dihadapi pemerintah di bidang moneter, peserta didik dapat menentukan kebijakan moneter yang tepat untuk mengatasi masalah yang ada.
17
3.
Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi, APBN dan APBD, perekonomian terbuka, serta mengenal pasar modal..
Mendeskripsikan ketenagakerjaan, pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi, pengangguran atau dampaknya berdasarkan data atau grafik
Ketenagakerjaan




Pembangunan/ Pertumbuhan Ekonomi
XI/1
Disajikan permasalahan yang ada dalam pemanfaatan SDM, peserta didik dapat menyebutkan cara meningkatkan kualitas SDM.

Disajikan karakteristik pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, peserta didik dapat menentukan karakteristik pembangunan atau pertumbuhan ekonomi.

18
Pengangguran
XI/1
Disajikan ilustrasi tentang pengangguran, peserta didik dapat menentukan dampak pengangguran dengan tepat.

19
Mendeskripsikan APBN dan APBD, kebijakan pemerintah di bidang fiskal, sumber-sumber penerimaan atau pengeluaran pemerintah.
APBN/APBD



Kebijakan Fiskal/Pajak

XI/1
Disajikan contoh APBN lengkap, peserta didik dapat menentukan jenis anggaran yang tepat.

Disajikan data yang diperlukan untuk menghitung pajak bumi dan bangunan beserta aturannya, peserta didik dapat menghitung PBB dengan benar.

Disajikan kasus di bidang fiskal, peserta didik dapat menentukan kebijakan yang diambil pemerintah di bidang fiskal.

20
Penerimaan/ Pengeluaran Pemerintah
XI/1
Disajikan sumber penerimaan/pengeluaran pemerintah pusat dan daerah, peserta didik dapat menentukan sumber penerimaan/pengeluaran pemerintah pusat atau daerah.

21
Mendeskripsikan bursa efek atau mekanisme kerja bursa efek
Bursa Efek










Mekanisme Kerja Bursa Efek
XI/1
Disajikan manfaat/keuntungan pasar modal, peserta didik dapat menentukan manfaat pasar modal bagi pihak tertentu (emiten, investor, pemerintah/ lembaga penunjang pasar modal).

Disajikan beberapa ciri instrumen pasar modal dan pasar uang, peserta didik dapat menentukan instrumen pasar modal yang tepat.

Ditampilkan mekanisme proses emisi/bursa paralel di pasar modal secara acak, peserta didik dapat menentukan proses emisi/bursa paralel secara berurutan.

22
Mendeskripsikan perdagangan internasional valuta asing, neraca pembayaran atau devisa
Perdagangan Internasional








Valuta Asing




Neraca Pembayaran



Devisa
XI/1
Disajikan ilustrasi tentang perdagangan internasional, peserta didik dapat menjelaskan faktor-faktor yang mendorong terjadi perdagangan internasional.  

Disajikan ilustrasi berbagai kebijakan perdagangan internasional, peserta didik dapat menentukan salah satu kebijakan yang tepat.

Disajikan transaksi di pasar valuta asing beserta data yang dibutuhkan, peserta didik dapat menghitung kurs valuta asing dengan tepat.

Disajikan komponen neraca pembayaran, peserta didik dapat menentukan debet/kredit neraca pembayaran.


23
4.
Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa.
Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi, persamaan akuntansi atau mencatat mekanisme debit dan kredit.

Akuntansi sebagai Sistem Informasi



Persamaan Akuntansi



Mekanisme Debit dan Kredit
XI/2
Disajikan ilustrasi mengenai akuntansi sebagai sistem, peserta didik dapat menentukan kegunaan, bidang, atau profesi akuntansi.

Disajikan 3 transaksi perusahaan jasa, peserta didik dapat menyusun persamaan akuntansi dengan tepat.

Disajikan bukti transaksi perusahaan jasa, peserta didik dapat menganalisis bukti tersebut dengan tepat.
24
Mencatat transaksi ke dalam jurnal umum atau buku besar berdasarkan transaksi/dokumen.
Jurnal Umum


XI/2
Disajikan bukti transaksi/ dokumen, peserta didik dapat mencatat ke dalam jurnal umum dengan bentuk kolom.
25
Buku Besar
XI/2
Disajikan beberapa transaksi dari jurnal umum, peserta didik dapat memposting ke buku besar.
26
Membuat jurnal penyesuaian dan atau kertas kerja perusahaan jasa.
Jurnal Penyesuaian
XI/2
Disajikan neraca saldo sebagian, data penyesuaian, peserta didik dapat mencatat jurnal penyesuaian dengan benar.
27
Kertas Kerja
XI/2
Ditampilkan kertas kerja sebagian milik perusahaan jasa, peserta didik dapat menentukan pengisian kertas kerja yang tepat.
28
Membuat laporan keuangan perusahaan jasa.
Laporan Keuangan Perusahaan Jasa
XI/2
Disajikan data yang diperlukan untuk menyusun laporan perubahan modal, peserta didik dapat menentukan modal awal/modal akhir/prive/laba/rugi.
29
5.
Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang dan
penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang.
Mencatat jurnal khusus, buku besar utama, atau buku besar pembantu perusahaan dagang.
Jurnal Khusus
XII/1
Disajikan beberapa transaksi perusahaan dagang, peserta didik dapat menentukan pengisian jurnal khusus yang tepat.
30
Buku Besar Utama



Buku Besar Pembantu
XII/1
Ditampilkan jurnal Khusus dan jurnal umum, peserta didik dapat melakukan posting ke dalam buku besar dengan tepat

Disajikan jurnal khusus piutang/ utang, peserta didik dapat mencatat ke dalam buku besar pembantu piutang/utang.
31
Menghitung harga pokok penjualan berdasarkan data
Harga Pokok Penjualan
XII/1
Disajikan data yang diperlukan dalam perhitungan harga pokok penjulan, peserta didik dapat menghitung HPP.
32
Membuat jurnal penyesuaian dan atau kertas kerja perusahaan dagang.
Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang


XII/1
Ditampilkan Neraca Saldo dan data penyesuaian, peserta didik dapat menyusun jurnal penyesuaian dengan metode ikhtisar laba/rugi atau Harga pokok penjualan.
33
Kertas Kerja Perusahaan Dagang
XII/1
Disajikan sebagian data kertas kerja perusahaan dagang, peserta didik dapat menentukan pencatatan kertas kerja yang tepat
34
Mendeskripsikan laporan keuangan serta perhitungannya
Laporan Keuangan Perusahaan Dagang
XII/1
Disajikan data keuangan yang diperlukan untuk menyusun laporan keuangan suatu perusahaan dagang, peserta didik dapat menyusun laba/rugi bersih.
35
Mencatat jurnal penutup,  jurnal penutup ke buku besar atau neraca saldo setelah penutupan
Jurnal Penutup



Posting Akhir



Neraca Saldo Setelah Penutupan
XII/1
Disajikan sebagian data kertas kerja perusahaan dagang, peserta didik dapat menyusun jurnal penutup dengan benar

Disajikan jurnal penyesuaian dan jurnal penutup suatu perusahaan dagang, peserta didik dapat menutup buku besar.

Disajikan neraca saldo disesuaikan dan laba/rugi suatu perusahaan dagang, peserta didik dapat menyusun Neraca saldo Setelah Penutupan.
36
6.
Memahami manajemen, badan usaha dalam perekonomian nasional, pengelolaan koperasi, dan kewirausahaan.
Mendeskripsikan manajemen dan badan usaha.
Manajemen
XII/2
Disajikan masalah yang terjadi di suatu perusahaan, peserta didik dapat menyelesaikan masalah dengan salah satu unsur manajemen.

Disajikan pernyataan tentang penerapan fungsi manajemen, peserta didik dapat menentukan contoh penerapan fungsi manajemen yang tepat.

Disajikan kasus dalam sebuah perusahaan, peserta didik  dapat mengidentifikasi kasus tersebut ke dalam bidang manajemen yang tepat.

37
Badan Usaha
XII/2
Disajikan kegiatan badan usaha dalam perekonomian Indonesia, peserta didik dapat menentukan peran BUMN/Swasta.

Disajikan beberapa perbedaan antar badan usaha, peserta didik dapat menentukan perbedaan antar badan usaha yang benar.

Disajikan ciri-ciri BUMN, peserta didik dapat menjelaskan ciri dari Perjan/ Perum/Persero.

38
Mendeskripsikan cara pengembangan koperasi, koperasi sekolah atau menghitung pembagian sisa hasil usaha berdasarkan data.
Koperasi/Koperasi Sekolah












Sisa Hasil Usaha
XII/2
Disajikan tentang keadaan suatu koperasi/koperasi sekolah, peserta didik dapat menentukan cara pengembangan koperasi/koperasi sekolah.

Disajikan masalah yang dihadapi koperasi, peserta didik dapat menjelaskan cara menanggulanginya.

Disajikan pernyataan tentang masalah yang ada di koperasi, peserta didik dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan benar.

Disajikan data keuangan yang diperlukan untuk menghitung SHU suatu koperasi, peserta didik dapat menghitung pembagian SHU untuk  anggota tertentu.

39
Mendeskripsikan kewirausahaan.
Kewirausahaan
XII/2
Disajikan kondisi keadaan sumber daya yang berlimpah di suatu daerah yang belum dikelola dengan baik, peserta didik dapat mengidentifikasi tahapan yang akan dilalui bila seseorang ingin memanfaatkan sumber daya tersebut.


Disajikan pernyataan tentang ketersediaan sumber daya, peserta didik dapat menentukan pemanfaatan sumber daya dengan tepat.

Disajikan ilustrasi mengenai kegiatan kewirausahaan di masyarakat, peserta didik dapat menentukan peran/jiwa kewirausahaan.

40

      Jakarta,  18 Januari 2012                                                                                                              
      Penyusun
                                                                                                                 


Drs. Wiji Purwanta, M.Pd
NIP.:  195906051989021001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar