KISI-KISI PENULISAN SOAL
TES
PRESTASI BELAJAR (PRA UJIAN NASIONAL/UJIAN SEKOLAH)
Sekolah : SMA NEGERI JAKARTA
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kurikulum : KTSP
Alokasi Waktu : 120
menit
Jumlah soal : 40
soal
Bentuk Soal : Pilihan
Ganda
Tahun Ajaran : 2011 – 2012
Oleh:
Drs. Wiji Purwanta, M.Pd
Jakarta, 18 Januari 2012
KISI-KISI PENULISAN SOAL
TES PRESTASI BELAJAR (PRA UJIAN NASIONAL/UJIAN SEKOLAH)
Sekolah : SMA NEGERI JAKARTA
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kurikulum : KTSP
Alokasi Waktu : 120
menit
Jumlah soal : 40
soal
Bentuk Soal : Pilihan
Ganda
Tahun Ajaran : 2011 – 2012
No.
|
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN
|
Indikator SKL
|
Materi
Pokok
|
Bahan Kelas/Smt
|
Indikator Soal
|
Nomor
Soal
|
1.
|
Memahami
permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan
sistem ekonomi, konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen
dan produsen, permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan
pasar.
|
Mendeskripsikan
kebutuhan manusia, kelangkaan, atau masalah pokok ekonomi.
|
Kebutuhan
Kelangkaan
|
X/1
|
Disajikan ilustrasi tentang alat pemuas kebutuhan, peserta didik dapat membedakan antara barang konsumsi
dengan barang produksi, atau barang substitusi dengan barang komplementer.
Disajikan pernyataan tentang kelangkaan sumber daya
alam, peserta didik dapat menentukan cara mengatasi kelangkaan.
|
1
|
Masalah Pokok Ekonomi
|
X/1
|
Disajikan ilustrasi yang berhubungan dengan produksi
barang, peserta
didik dapat menentukan
apa/bagaimana/untuk siapa barang diproduksi.
|
2
|
|||
Mendeskripsikan
biaya peluang (hilangnya kesempatan pada tenaga kerja) atau sistem ekonomi.
|
Biaya Peluang
|
X/1
|
Ditampilkan ilustrasi salah satu kesempatan yang
dipilih seseorang yang ingin bekerja dari beberapa kesempatan yang ada, peserta didik dapat menentukan biaya peluang.
|
3
|
||
Sistem Ekonomi
|
X/1
|
Disajikan masalah mengenai cita-cita/tujuan suatu
negara untuk meningkatkan kesejahteraan rakyatnya, peserta didik dapat memecahkan masalah tersebut dengan
sistem ekonomi tertentu.
|
4
|
|||
Mendeskripsikan
pola perilaku konsumen dalam mencapai kepuasan maksimal dan pola perilaku produsen
dalam mencapai laba/output maksimal, atau peran konsumen dan produsen
|
Pola Perilaku Konsumen/Produsen
Laba Maksimal
Peran Konsumen/ Produsen
|
X/1
|
Disajikan pernyataan yang berhubungan dengan perilaku
produsen dan konsumen, peserta didik dapat menentukan perilaku produsen atau
konsumen.
Disajikan ilustrasi peran rumah tangga produsen dan
rumah tangga konsumen, peserta didik dapat menentukan peran rumah tangga
produsen atau konsumen.
|
5
|
||
Mendeskripsikan
pelaku ekonomi atau interaksinya dalam suatu perekonomian (circular flow diagram)
|
Circulair Flow Diagram
|
X/1
|
Disajikan gambar circulair flow, peserta didik dapat menentukan
kegiatan yang dilakukan oleh RTK atau RTP.
|
6
|
||
Mendeskripsikan
permintaan dan penawaran atau harga dan jumlah keseimbangan dengan tabel,
grafik,
atau perhitungan matematika.
|
Permintaan/Penawaran
|
X/1
|
Disajikan fungsi permintaan/fungsi penawaran dan
perubahan harga/jumlah, peserta didik dapat menghitung besar elastisitas permintaan/penawaran.
Ditampilkan kurva pergeseran permintaan atau penawaran,
peserta didik dapat menentukan dampak dari pergeseran tersebut.
|
7
|
||
Harga/Jumlah/Titik Keseimbangan
|
X/1
|
Disajikan fungsi permintaan/fungsi penawaran,
dan nilai pajak/subsidi, peserta didik dapat menghitung harga/jumlah/titik keseimbangan sebelum dan sesudah dikenakan pajak/subsidi.
|
8
|
|||
Mendeskripsikan
pasar barang (pasar output) atau pasar faktor produksi (pasar input).
|
Pasar Output
|
X/1
|
Disajikan ciri-ciri
pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna, peserta didik dapat menentukan ciri dari
pasar persaingan sempurna/tidak sempurna.
|
9
|
||
Pasar Input
|
X/1
|
Disajikan tabel yang berisi ciri atau peran pasar input, peserta didik dapat menentukan persamaan/perbedaan/ciri
pasar input tertentu.
|
10
|
|||
2.
|
Memahami
kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi, Produk Domestik Bruto (PDB),
Produk Domestik Regional Bruto (PDRB),
Pendapatan
Nasional (PN), inflasi, konsumsi, investasi, uang dan perbankan.
|
Mendeskripsikan
ekonomi mikro dan ekonomi makro atau masalah yang dihadapi pemerintah di
bidang
ekonomi.
|
Ekonomi Mikro/Makro
Masalah yang Dihadapi
Pemerintah dalam Ekonomi
|
X/2
|
Disajikan beberapa permasalahan ekonomi mikro dan
ekonomi makro, peserta
didik dapat menentukan
bahasan ekonomi mikro/makro.
Disajikan kasus/masalah pemerintah di bidang ekonomi, peserta didik dapat menentukan penyelesaian masalah yang
dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.
|
11
|
Mendeskripsikan
konsep PDB, PDB harga berlaku, PDB harga konstan, pendapatan nasional, atau
pendapatan perkapita.
|
Konsep Pendapatan Nasional
Perhitungan Pendapatan Nasional
|
X/2
|
Disajikan data PDB, PDRB, PNB, PN, dan data lain
yang berhubungan, peserta didik dapat menghitung besarnya Disposable Income/Personal Income.
Disajikan data yang diperlukan, peserta didik dapat menghitung pendapatan nasional dengan
metode tertentu.
|
12
|
||
Pendapatan Perkapita
|
X/2
|
Disajikan data PNB/PDB beberapa negara di ASEAN,
peserta didik dapat menentukan
negara yang mempunyai pendapatan perkapita terendah/tertinggi.
|
13
|
|||
Mendeskripsikan
indeks harga atau inflasi berdasarkan data atau grafik
|
Indeks Harga
Inflasi
|
X/2
|
Ditampilkan tabel perubahan indeks harga konsumen,
peserta didik dapat menafsirkan laju inflasi dengan tepat.
Disajikan kasus yang terjadi ketika terjadi inflasi,
peserta didik dapat menentukan dampak inflasi.
|
14
|
||
Mendeskripsikan
fungsi konsumsi dan fungsi tabungan atau investasi berdasarkan data, atau
grafik
|
Fungsi Konsumsi/Tabungan
Investasi
|
X/2
|
Disajikan fungsi konsumsi/tabungan dan perubahan pendapatan
seseorang, peserta
didik
dapat menghitung besarnya tabungan/konsumsi.
Ditampilkan pergeseran kurva permintaan investasi, peserta didik dapat menjelaskan penyebab/dampak dari
pergeseran tersebut.
|
15
|
||
Mendeskripsikan
konsep dan teori uang, perbankan, atau kebijakan pemerintah di bidang
moneter.
|
Uang
Bank
|
X/2
|
Disajikan beberapa pernyataan yang berisi pemanfaatan
uang dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan salah satu
motif.
Disajikan masalah yang berhubungan dengan produk perbankan, peserta didik dapat menjelaskan
peranan bank dalam memecahkan masalah tersebut.
|
16
|
||
Kebijakan Moneter
|
X/2
|
Disajikan masalah yang dihadapi pemerintah di bidang moneter,
peserta didik dapat menentukan kebijakan moneter yang tepat untuk mengatasi masalah yang ada.
|
17
|
|||
3.
|
Memahami
kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi, APBN dan APBD,
perekonomian terbuka, serta mengenal pasar modal..
|
Mendeskripsikan
ketenagakerjaan, pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi, pengangguran atau
dampaknya berdasarkan data atau grafik
|
Ketenagakerjaan
Pembangunan/ Pertumbuhan
Ekonomi
|
XI/1
|
Disajikan permasalahan yang ada dalam pemanfaatan SDM,
peserta didik dapat menyebutkan cara meningkatkan kualitas SDM.
Disajikan karakteristik pembangunan dan pertumbuhan
ekonomi, peserta didik dapat menentukan karakteristik pembangunan atau
pertumbuhan ekonomi.
|
18
|
Pengangguran
|
XI/1
|
Disajikan ilustrasi tentang pengangguran, peserta didik
dapat menentukan dampak pengangguran dengan tepat.
|
19
|
|||
Mendeskripsikan
APBN dan APBD, kebijakan pemerintah di bidang fiskal, sumber-sumber penerimaan
atau pengeluaran pemerintah.
|
APBN/APBD
Kebijakan Fiskal/Pajak
|
XI/1
|
Disajikan contoh APBN lengkap, peserta didik dapat menentukan
jenis anggaran yang tepat.
Disajikan data yang diperlukan untuk menghitung pajak
bumi dan bangunan beserta aturannya, peserta didik dapat menghitung PBB
dengan benar.
Disajikan kasus di bidang fiskal, peserta didik dapat menentukan
kebijakan yang diambil pemerintah di bidang fiskal.
|
20
|
||
Penerimaan/ Pengeluaran
Pemerintah
|
XI/1
|
Disajikan sumber
penerimaan/pengeluaran pemerintah pusat dan daerah, peserta didik dapat
menentukan sumber penerimaan/pengeluaran pemerintah pusat atau daerah.
|
21
|
|||
Mendeskripsikan
bursa efek atau mekanisme kerja bursa efek
|
Bursa Efek
Mekanisme Kerja Bursa Efek
|
XI/1
|
Disajikan manfaat/keuntungan pasar modal, peserta didik dapat menentukan
manfaat pasar
modal bagi pihak tertentu (emiten, investor, pemerintah/ lembaga penunjang pasar
modal).
Disajikan beberapa ciri instrumen pasar modal dan pasar
uang, peserta didik dapat menentukan instrumen pasar modal yang tepat.
Ditampilkan mekanisme proses emisi/bursa paralel di
pasar modal secara acak, peserta didik dapat
menentukan proses emisi/bursa paralel secara berurutan.
|
22
|
||
Mendeskripsikan
perdagangan internasional valuta asing, neraca pembayaran atau devisa
|
Perdagangan Internasional
Valuta Asing
Neraca Pembayaran
Devisa
|
XI/1
|
Disajikan ilustrasi tentang perdagangan
internasional, peserta
didik
dapat menjelaskan faktor-faktor yang mendorong terjadi perdagangan
internasional.
Disajikan ilustrasi berbagai kebijakan perdagangan
internasional, peserta didik dapat menentukan salah satu kebijakan yang
tepat.
Disajikan transaksi di pasar valuta asing beserta data
yang dibutuhkan, peserta didik dapat menghitung kurs valuta asing dengan
tepat.
Disajikan komponen neraca pembayaran, peserta didik
dapat menentukan debet/kredit neraca pembayaran.
|
23
|
||
4.
|
Memahami
penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa.
|
Mendeskripsikan
akuntansi sebagai sistem informasi, persamaan akuntansi atau mencatat
mekanisme debit dan kredit.
|
Akuntansi sebagai Sistem
Informasi
Persamaan Akuntansi
Mekanisme Debit dan Kredit
|
XI/2
|
Disajikan ilustrasi mengenai akuntansi sebagai
sistem, peserta
didik dapat menentukan
kegunaan, bidang, atau profesi akuntansi.
Disajikan 3 transaksi perusahaan jasa, peserta didik
dapat menyusun persamaan akuntansi dengan tepat.
Disajikan bukti transaksi perusahaan jasa, peserta
didik dapat menganalisis bukti tersebut dengan tepat.
|
24
|
Mencatat
transaksi ke dalam jurnal umum atau buku besar berdasarkan transaksi/dokumen.
|
Jurnal Umum
|
XI/2
|
Disajikan bukti transaksi/ dokumen, peserta didik dapat mencatat ke
dalam jurnal umum dengan bentuk kolom.
|
25
|
||
Buku Besar
|
XI/2
|
Disajikan beberapa transaksi dari jurnal umum, peserta didik dapat memposting ke
buku besar.
|
26
|
|||
Membuat
jurnal penyesuaian dan atau kertas kerja perusahaan jasa.
|
Jurnal Penyesuaian
|
XI/2
|
Disajikan neraca saldo sebagian, data
penyesuaian, peserta
didik
dapat mencatat jurnal penyesuaian dengan benar.
|
27
|
||
Kertas Kerja
|
XI/2
|
Ditampilkan kertas kerja sebagian milik perusahaan jasa,
peserta didik dapat menentukan pengisian kertas kerja yang tepat.
|
28
|
|||
Membuat laporan keuangan perusahaan jasa.
|
Laporan Keuangan Perusahaan
Jasa
|
XI/2
|
Disajikan data yang diperlukan untuk menyusun laporan
perubahan modal, peserta
didik
dapat menentukan
modal awal/modal
akhir/prive/laba/rugi.
|
29
|
||
5.
|
Memahami
penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang dan
penutupan
siklus akuntansi perusahaan dagang.
|
Mencatat
jurnal khusus, buku besar utama, atau buku besar pembantu perusahaan dagang.
|
Jurnal Khusus
|
XII/1
|
Disajikan beberapa transaksi perusahaan dagang, peserta
didik dapat menentukan pengisian jurnal khusus yang tepat.
|
30
|
Buku Besar Utama
Buku Besar Pembantu
|
XII/1
|
Ditampilkan jurnal Khusus dan jurnal umum, peserta
didik dapat melakukan posting ke dalam buku besar dengan tepat
Disajikan jurnal khusus piutang/ utang, peserta didik dapat mencatat ke
dalam buku besar pembantu piutang/utang.
|
31
|
|||
Menghitung harga pokok penjualan berdasarkan data
|
Harga Pokok Penjualan
|
XII/1
|
Disajikan data yang diperlukan dalam perhitungan
harga pokok penjulan, peserta didik dapat menghitung HPP.
|
32
|
||
Membuat
jurnal penyesuaian dan atau kertas kerja perusahaan dagang.
|
Jurnal Penyesuaian Perusahaan
Dagang
|
XII/1
|
Ditampilkan Neraca Saldo dan data penyesuaian, peserta
didik dapat menyusun jurnal penyesuaian dengan metode ikhtisar laba/rugi atau
Harga pokok penjualan.
|
33
|
||
Kertas Kerja Perusahaan Dagang
|
XII/1
|
Disajikan sebagian data kertas kerja perusahaan dagang,
peserta didik dapat menentukan pencatatan kertas kerja yang tepat
|
34
|
|||
Mendeskripsikan
laporan keuangan serta perhitungannya
|
Laporan Keuangan Perusahaan
Dagang
|
XII/1
|
Disajikan data keuangan yang diperlukan untuk
menyusun laporan keuangan suatu perusahaan dagang, peserta didik dapat menyusun laba/rugi bersih.
|
35
|
||
Mencatat
jurnal penutup, jurnal penutup ke buku
besar atau neraca saldo setelah penutupan
|
Jurnal Penutup
Posting Akhir
Neraca Saldo Setelah Penutupan
|
XII/1
|
Disajikan sebagian data kertas kerja perusahaan dagang,
peserta didik dapat menyusun jurnal penutup dengan benar
Disajikan jurnal penyesuaian dan jurnal penutup
suatu perusahaan dagang, peserta didik dapat
menutup buku besar.
Disajikan neraca saldo disesuaikan dan laba/rugi
suatu perusahaan dagang, peserta didik dapat
menyusun Neraca saldo Setelah Penutupan.
|
36
|
||
6.
|
Memahami
manajemen, badan usaha dalam perekonomian nasional, pengelolaan koperasi, dan
kewirausahaan.
|
Mendeskripsikan manajemen dan badan usaha.
|
Manajemen
|
XII/2
|
Disajikan masalah yang terjadi di suatu perusahaan, peserta didik dapat menyelesaikan
masalah dengan salah satu unsur manajemen.
Disajikan pernyataan tentang penerapan fungsi
manajemen, peserta didik dapat menentukan contoh penerapan fungsi manajemen
yang tepat.
Disajikan kasus dalam sebuah perusahaan, peserta
didik dapat mengidentifikasi kasus
tersebut ke dalam bidang manajemen yang tepat.
|
37
|
Badan Usaha
|
XII/2
|
Disajikan kegiatan badan usaha dalam
perekonomian Indonesia, peserta didik dapat
menentukan peran BUMN/Swasta.
Disajikan beberapa perbedaan
antar badan usaha, peserta didik dapat menentukan perbedaan antar badan usaha
yang benar.
Disajikan ciri-ciri BUMN, peserta didik dapat menjelaskan ciri
dari Perjan/ Perum/Persero.
|
38
|
|||
Mendeskripsikan
cara pengembangan koperasi, koperasi sekolah atau menghitung pembagian sisa hasil
usaha berdasarkan data.
|
Koperasi/Koperasi Sekolah
Sisa Hasil Usaha
|
XII/2
|
Disajikan tentang keadaan suatu koperasi/koperasi sekolah, peserta didik dapat menentukan cara pengembangan koperasi/koperasi sekolah.
Disajikan masalah yang dihadapi koperasi, peserta didik dapat menjelaskan cara
menanggulanginya.
Disajikan pernyataan tentang masalah yang ada di
koperasi, peserta didik dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan benar.
Disajikan data keuangan yang diperlukan untuk
menghitung SHU suatu koperasi, peserta didik dapat menghitung pembagian SHU untuk
anggota
tertentu.
|
39
|
||
Mendeskripsikan kewirausahaan.
|
Kewirausahaan
|
XII/2
|
Disajikan kondisi keadaan sumber daya yang
berlimpah di suatu daerah yang belum dikelola dengan baik, peserta didik dapat mengidentifikasi
tahapan yang akan dilalui bila seseorang ingin memanfaatkan sumber daya
tersebut.
Disajikan pernyataan tentang ketersediaan sumber daya,
peserta didik dapat menentukan pemanfaatan sumber daya dengan tepat.
Disajikan ilustrasi mengenai kegiatan kewirausahaan
di masyarakat, peserta
didik dapat menentukan
peran/jiwa kewirausahaan.
|
40
|
Penyusun
Drs.
Wiji Purwanta, M.Pd
NIP.: 195906051989021001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar