Jumat, 04 Maret 2016

Manajeman X MIPA 3



PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN DALAM
KEGIATAN PEMBERANTASAN NYAMUK DI KELAS X MIPA 3
DI SMA NEGERI 1 JUWANA

A.   PENGERTIAN MANAJEMEN
Jawab : Secara umum pengertian manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan,     pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah     ditetapkan sebelumnya.
B.   FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN
Jawab : a.) Fungsi Perencanaan
Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan dimasa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.
b.) Fungsi Pengorganisasian
Pengorganisasian adalah proses pembagian tugas, fungsi, wewenang, tanggung jawab, dan sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
            c.) Fungsi Pengarahan
Pengarahan merupakan proses mengarahkan orang-orang untuk bekerja dengan sadar dan tanggung jawab guna mencapai tujuan sesuai dengan yang telah direncanakan.
            d.) Fungsi Pengoordinasian
Pengoordinasian merupakan penyatuan dan penyelarasan, baik dari pimpinan kepada bawahan maupun antar anggota organisasi untuk menciptakan kesatuan tindakan sehingga lebih terasah dalam mencapai tujuan.
            e.) Fungsi Pengendalian
Pengendalian sering disebut juga dengan pengawasan (controlling)merupakan tindakan dalam menilai, mengawasi, dan mengendalikan jalannya aktivitas yang mengarah kepada pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.

C.   UNSUR-UNSUR  MANAJEMEN
Jawab : 1.) Manusia (Man), adalah faktor yang paling menentukan dalam manajemen.
            2.) Uang (Money), merupakan alat tukar dan alat pengukur nilai.
            3.) Bahan, terdiri atas bahan mentah, barang setengah jadi, barang jadi. Penentuan barang berkualitas dengan didukung sumber daya manusia yang kompeten dapat          mencapai tujuan yang telah ditentukan.
            4.) Metode, atau cara yang diperlukan untuk mendukung pemanfaatan manusia, uang,       dan bahan dalam aktivitas manajemen.
            5.) Mesin, sebagai alat bantu kerja, sangat diperlukan dalam setiap organisasi. Mesin          meringankan dan memudahkan dalam melaksanakan pekerjaan.
            6.) Pasar, untuk menyalurkan produk tertentu merupakan faktor yang perlu diperhatikan suatu perusahaan.
D. BIDANG-BIDANG MANAJEMEN
Jawab : 1.) Manajemen Produksi
Merupakan bidang manajemen dalam mengatur dan mengoordinasikan sumber daya secara efisien untuk menciptakan dan meningkatkan nilai guna barang dan atau jasa.
            2.) Manajemen Pemasaran
Adalah kegatan penganalisisan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program- program yang menimbulkan pertukaran di pasar untuk mencapai tujuan perusahaan.
            3.) Manajemen Keuangan
Merupakan suatu kegiatan yang menyangkut masalah pengelolaan dana berkaitan dengan operasional organisasi atau perusahaan secara efektif  dan efisien guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
            4.) Manajemen Personalia
Merupakan bidang manajemen yang kegiatannya merencanakan, mengarahkan, dan mengoordinasikan, dan melayani karyawan, merekrut karyawan, sehingga tujuan dapat tercapai dengan efisen.
            5.) Manajemen Administrasi
Merupakan bidang manajemen yang memberikan informasi layanan administrasi untuk melaksanakan kegiatan secara efektif dan memengaruhi kelancaran bidang lainnya sebagai bahan pengambilan keputusan.

E.   STRATEGI KEGIATAN YANG HARUS DILAKUKAN
KEGIATAN PEMBERANTASAN NYAMUK DI KELAS X MIPA 3

1.)  Permasalahan
Banyak nyamuk di kelas sehingga banyak siswa yang mengeluh dikarenakan banyaknya nyamuk di kelas yang membuat mereka merasa tidak nyaman saat pembelajaran.
2.)  Pemecahan Masalah
Banyaknya nyamuk di kelas dapat diatasi dengan cara :
1.      Setiap hari rutin membersihkan kelas.
2.      Setiap orang tidak membuang sampah sembarangan.
3.      Sebelum berangkat ke sekolah siswa harus menggunakan lotion anti nyamuk dan membawa obat nyamuk.
4.      Sekolah mengadakan penyemprotan (fogging).
5.      Memperbaiki saluran air dan talang air yang rusak.
6.      Menutup tempat penampungan air seperti bak kamar mandi dan ember supaya tidak menjadi tempat bertelurnya nyamuk.
7.      Melakukan kerja bakti.
8.      Mengubur sampah plastik yang sulit terurai oleh tanah.
9.      Membersihkan gelodok meja dari sampah dan buku paket supaya tidak menjadi sarang nyamuk.
10.  Menata rapi alat-alat kebersihan kelas agar tidak menumpuk dipojokan ruang kelas dan menjadi sarang nyamuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar