Jumat, 04 Maret 2016

Manajemen X IPS 1



EKONOMIKUN
PENERAPAN FUNGSI MANAGEMEN DALAM KEGIATAN
PEMBAYARAN UANG KAS KELAS X IPS 1
DI SMA NEGERI 1 JUWANA

A.    PENGERTIAN MANAGEMEN
Managemen merupakan proses atau kemampuan dalam mencapai suatu tujuan melalui pemanfaatan sumber daya.

B.    FUNGSI-FUNGSI MANAGEMEN
1.     Perencanaan (planning)
Fungsi perencanaan adalah suatu kegiatan membuat tujuan perusahaan dan diikuti dengan membuat berbagai rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan tersebut.
2.     Fungsi Pengorganiasasian (organizing)
Fungsi pengorganisasian adalah suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya manusia dan sumber daya fisik lain yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan perusahaan.
3.     Pengarahan (leading)
Fungsi pengarahan adalah suatu fungsi kepemimpinan manajer untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja secara maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat, dinamis, dan lain sebagainya.
4.     Pengoordinasian (coordinating)
Fungsi pengoordinasian merupakan penyatuan dan penyelarasan, baik dari pimpinan kepada bawahan maupun antar anggota organisasi untuk menciptakan kesatuan tindakan sehingga lebih terarah dalam mencapai tujuan.
5.     Pengendalian (controling)
Fungsi pengendalian adalah suatu aktivitas menilai kinerja berdasarkan standar yang telah dibuat untuk kemudian dibuat perubahan atau perbaikan jika diperlukan.

C.     UNSUR-UNSUR MANAGEMEN
1.     Manusia (man)
Dalam managemen, faktor yang paling menentukan adalah manusia. Manusia yang membuat tujuan dan manusia pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan. Tanpa ada manusia tidak ada proses kerja, sebab pada dasarnya manusia adalah makhluk kinerja.
2.     Uang (money)
Uang merupakan salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan. Uang merupakan alat tukar dan pengukur nilai. Besar kecilnya hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah uang yang beredar dalam perusahaan. Oleh karena itu, uang merupakan alat (tools) yang penting untuk mencapai tujuan karena segala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional. Hal ini akan berhubungan dengan berapa uang harus disediakan untuk membiayai gaji tenaga kerja, alat-alat yang dibutuhkan dan harus dibeli, serta berapa hasil yang akan dicapai dari suatu organisasi.
3.     Bahan (materials)
Materi terdiri dari bahan setengah jadi (raw material) dan bahan jadi. Dalam dunia usaha untuk mencapai hasil yang lebih baik, selain manusia yang ahli dalam bidangnya juga harus bisa menggunakan bahan/materi-materi sebagai salah satu sarana. Sebab materi dan manusia tidak dapat dipisahkan, tanpa materi tidak akan tercapai hasil yang dikehendaki.
4.     Mesin (machines)
Dalam kegiatan perusahaan, mesin sangat diperlukan. Penggunaan mesin akan membawa kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efisiensi kerja.
5.     Metode (methods)
Dalam pelaksanaan kerja diperlukan metode-metode kerja. Suatu tata cara kerja yang baik akan memperlancar jalannya pekerjaan. Sebuah metode saat dinyatakan sebagai penetapan cara pelaksanaan kerja suatu tugas dengan memberikan berbagai pertimbangan-pertimbangan kepada sasaran, fasilitas-fasilitas yang tersedia dan penggunaan waktu, serta uang dan kegiatan usaha.
6.     Pasar (market)
Memasarkan produk tentu snagat penting, jika barang yang diproduksi tidak laku, maka proses produksi barang akan berhenti. Artinya, proses kerja tidak berlangsung. Penguadaan pasar, dalam arti menyebarkan hasil produksi merupakan faktor menentukan dalam perusahaan. agar pasar dapat dikuasai maka kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli (kemampuan) konsumen. Unsur unsur managemen menjadi hal mutlak dalam managemen karena sebagai penentu arah perusahaan dalam melakukan kegiatan perusahaan.

D.    BIDANG BIDANG MANAGEMEN
1.     Managemen Produksi
Managemen produksi adalah proses managemen yang bertanggungjawab terhadap perencanaan  (aktivitas) produksi, distribusi, atau managemen proyek yang dijalankan oleh sebuah organisasi.
2.     Managemen Pemasaran
Managemen pemasaran adalah suatu rencana kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan berdasarkan analisa situasi dan tujuan yang telah ditetapkan.
3.     Managemen Personalia
Managemen personalia adalah bagian dari managemen yang memfokuskan perhatiannya pada faktor produksi tenaga kerja dalam suatu organisasi agar tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai secara optimal.
4.     Managemen Keuangan
Managemen keuangan adalah suatu bagian dari managemen yang fokusnya adalah pengelolaan dana perusahaan yang efektif dan efisien guna mencapai tujuan yang trlah ditetapkan perusahaan.
5.     Managemen Administrasi
Managemen administrasi adalah bagian dari managemen yang memberikan informasi layanan bidang administrasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efektif dan memberi dampak kelancaran pada bidang lainnya.

E.     Strategi yang harus dilakukan, dalam kegiatan pembayaran uang kas kelas X IPS I untuk hasil yang maksimal adalah :
1.     PERMASALAHAN
a.      Karena sering banyaknya uang kas yang belum terbayar, para siswa kelas X IPS I menjadi keberatan dalam proses pembayaran.
b.     Kurangnya akan kesadaran diri masing-masing siswa.
c.      Kurangnya ketegasan dari bendahara.
d.     Kurangnya komunikasi antara bendahara dengan teman sekelas tentang pemasukan dan pengeluaran uang kas.
e.      Kurangnya rasa solidaritas antar sesama teman.
f.       Mengisi perut (jajan) lebih didahulukan daripada membayar uang kas.
g.      Banyaknya pengeluaran siswa laki-laki untuk hal yang kurang penting seperti futsal, sehingga uangnya tidak digunakan untuk membayar uang kas tapi malah digunakan untuk futsal.
h.     Bendahara kelas tidak menentukan hari apa untuk membayar uang kas.
i.        Banyaknya iuran lain, sehingga kas kelas dikesampingkan.
j.        Kecurigaan teman tentang pengelolaan uang kas.
k.     Bendahara kelas menjadi malas menagih uang kas, dikarenakan teman yang sering beralasan dan sering beradu mulut.
2.     PEMECAHAN MASALAH
a.      Seharusnya bendahara menagih uang kas sebelum proses KBM dimulai.
b.     Sebaiknya bendahara memberitahu hari apa untuk membayar kas.
c.      Sesama teman harus saling mengingatkan, karena uang kas digunakan untuk keperluan masing-masing siswa seperti fotocopy soal maupun kepentingan bersama, seperti membeli alat kebersihan kelas, dll.
d.     Bendahara harus lebih tegas, jika ada siswa yang telat membayar kas harus diberikan sanksi seperti denda uang, dll.
e.      Jika ada salah satu teman yang curiga tentang pengelolaan uang kas, sebaiknya bertanya kepada bendahara.
f.       Bendahara harus sering berkomunikasi dengan teman sekelas.
g.      Para siswa harus bisa memisahkan mana uang untuk jajan, keperluan yang lain, dan untuk membayar kas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar