Jumat, 04 Maret 2016

Manajemen X IPS 1



PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN DALAM
KEGIATAN PEMBAYARAN BUKU LKS KELAS X IPS 1
DI SMA NEGERI 01 JUWANA

A.   PENGERTIAN MANAJEMEN
Manajemen adalah sebuah proses dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara bekerja secara bersama-sama dengan orang-orang dan sumber daya yang dimiliki organisasi.

  1. FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN
1.      Fungsi Perencanaan / Planning
Fungsi perencanaan adalah suatu kegiatan membuat tujuan perusahaan dan diikuti dengan membuat berbagai rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan tersebut.
2.      Fungsi Pengorganisasian / Organizing
Fungsi pengorganisasian adalah suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya manusia dan sumber daya fisik lain yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan perusahaan .
3.      Fungsi Pengarahan / Directing / Leading
Fungsi pengarahan adalah suatu fungsi kepemimpinan manajer untuk meningkatkan efektivitas kerja secara maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat, dinamis, dan lain sebagainya.
4.      Fungsi Pengoordinasian / Coordinating
Fungsi pengoordinasian adalah suatu penyatuan dan penyelarasan, baik dari pimpinan kepada bawahan maupun antar anggota organisasi untuk menciptakan kesatuan tindakan sehingga lebih terarah dalam mencapai tujuan.
5.      Fungsi Pengendalian / Controling
Fungsi pengendalian adalah suatu aktivitas menilai kinerja berdasarkan standar yang telah dibuat untuk kemudian dibuat perubahan atau perbaikan jika diperlukan.

  1. UNSUR-UNSUR MANAJEMEN
1.      Man ( SDM )
Dalam manajemen, factor manusia adalah yang paling menentukan. Manusia yang membuat tujuan dan manusia pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan. Tanpa ada manusia tidak ada proses kerja, sebab pada dasarnya manusia adalah makhluk kerja.
2.      Money ( uang )
Uang merupakan salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan. Uang merupakan alat tukar dan alat pengukur nilai. Besar kecilnya hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah uang yang beredar dalam perusahaan.
3.      Materials ( bahan )
Bahan (materials) terdiri atas bahan mentah (raw materials), barang setengah jadi, dan barang jadi. Untuk mencapai hasil yang lebih baik, selain manusia yang ahli dalam bidangnya harus dapat menggunakan bahan / materi-materi sebagai salah satu sarana. Penentuan bahan berkualitas dengan didukung sumber daya manusia yang kompeten dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan.
4.      Machines ( mesin )
Dalam kegiatan perusahaan, mesin sangat diperlukan. Penggunaan mesin akan membawa kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efisiensi kerja.
5.      Methods ( metode )
Suatu metode dinyatakan sebagai tata cara kerja dengan mempertimbangkan aspek sasaran, fasilitas yang tersedia, alokasi waktu, uang, serta kegiatan usaha. Dengan metode kerja, tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai secara efektif dan efisiensi.
6.      Market ( pasar )
Penguasaan pasar (market) untuk menyalurkan produk tertentu merupakan factor yag perlu diperhatikan suatu perusahaan. Pasar berperan sebagai factor yang mendorong peningkatan kualitas hasil produksi.

  1. BIDANG-BIDANG MANAJEMEN
1.      Manajemen produksi
Adalah proses manajemen yang bertanggung jawab terhadap perencanaan (aktivitas) produksi, distribusi atau manajemen proyek yang dijalankan oleh sebuah organisasi.
2.      Manajemen pemasaran
Adalah suatu rencana kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan berdasarkan analisa situasi dan tujuan yang telah ditetapkan.
3.      Manajemen keuangan
Adalah suatu bagian dari manajemen yang fokusnya adalah pengelolaan dana perusahaan yang efektif dan efisien guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan.
4.      Manajemen personalia
Adalah bagian dari manajemen yang memfokuskan perhatiannya pada factor produksi tenaga kerja dalam suatu organisasi agar tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai secara optimal.
5.      Manajemen administrasi
Adalah bagian dari manajemen yang memberikan informasi layanan bidang administrasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efektif dan memberi dampak kelancaran pada bidang lainnya.

  1. STRATEGI KEGIATAN
KEGIATAN PEMBAYARAN BUKU LKS KELAS X IPS 1 UNTUK HASIL YANG MAKSIMAL, ADALAH :

1.      PERMASALAHAN
Ketidaktepatan pembayaran LKS oleh semua siswa di kelas X IPS 1.
2.      PEMECAHAN MASALAH
Ketidaktepatan pembayaran LKS oleh siswa ini bisa ditanggulangi dengan cara:
1.      Memberikan sanksi yang tepat agar siswa dapat mematuhinya.
2.      Setiap harinya bendahara kelas wajib melakukan penarikan sebagai cicilan pembayaran LKS.
3.      Setiap hari ketua kelas maupun bendahara kelas mengingatkan tanggal terakhir pembayaran LKS dikelas tersebut.
4.      Guru pengampu mata pelajaran tersebut yang menggunakan LKS harus tetap mengingatkan muridnya agar tepat membayar.
5.      Guru wajib memanggil anak yang telat mebayar LKS dan ditanyakan mengapa terlambat membayar LKS.
6.      Mau tidak mau siswa harus meminta uang pada orang agar LKS tersebut cepat terlunasi.
7.      Siswa tidak perlu menunggu kapan terakhir membayar LKS tersebut tetapi siswa harus sadar jika sudah mendapatkan LKS tersebut ahrus mebayarkan secepatnya.
8.      Siswa yang kurang mampu tidak usah malu untuk meminta keringanan kepada guru yang mengampu menggunakan LKS.
9.      Guru harus tetap perhatian kepada siswa yang kurang mampu atau mempunyai keterbelakangan ekonomi di keluarganya.
10.  Siswa harus berusaha mengumpulkan sedikit demi sedikit uang saku yang dimilikinya untuk membayar LKS.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar