Efreza Nurul M ( X IPS III No. Absen 17 )
Materi no. 17 Pasar-pasar yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.
Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi permintaan terhadap barang dan
jasa, antara lain :
- Tingkat pendapatan seseorang/masyarakat
- Jumlah penduduk
- Selera penduduk
- Fluktuasi ekonomi
- Harga barang yang di tuju
- Harga barang subsitusi
- Faktor lain (harapan, hubungan sosial, dan politik)
Catatan : Besar kecilnya permintaan di tentukan oleh tinggi rendahnya harga.
Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi penawaran terhadap barang dan
jasa, antara lain :
- Harga barang yang dituju
- Biaya produksi dan ongkos
- Tujuan produksi
- Teknologi yang digunakan
- Harga barang subsitusi- Lain hal (factor sosial/politik)
Catatan : penawaran akan ditentukan oleh harga, jadi besar kecilnya
jumlah barang/jasa yang ditawarkan tergantung pada tinggi rendahnya
harga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar