Lampiran 8 Agt
Pengertian
Permintaan Dan Penawaran di Dalam Ekonomi
Ada dua kata yang tidak
mungkin terpisahkan dari ilmu ekonomi. Kedua kata itu adalah permintaan
(demand) dan penawaran (supply). Permintaan dan penawaran adalah berasal dari
dua pihak yang berbeda. Permintaan berasal dari konsumen sedangkan penawaran
berasal dari produsen. Di pasar, kedua hal yang memiliki kepentingan yang
berlawanan ini akan saling berinteraksi
Penjual mempunyai tujuan untuk menjual barang
atau jasa dalam jumlah yang sebanyakmungkin dengan harga yang setinggi mungkin.
Ia akan melakukan segala cara untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin.
Sebaliknya pembeli menginginkan harga serendah mungkin, namun ia juga ingin
mendapatkan barang atau jasa sebanyak mungkin.
1.Permintaan
Pertama-tama mari kita bahas tentang pengertian
permintaan dengan meneliti perilaku pembeli di dalam pasar. Yang dimaksud
dengan Permintaan adalah
jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada
berbagai tingkat harga, dan pada periode tertentu. Kita semua telah mengetahui
bahwa pada dasarnya setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Ada banyak
hal yang mempengaruhi munculnya kebutuhan tersebut seperti adat istiadat, agama
dan kepercayaan, alam dan peradaban. Sebagaimana kebutuhan permintaan setiap
konsumen tidaklah sama. Lalu apa yang menentukan permintaan seseorang terhadap
suatu barang atau jasa? Jawabannya, terdapat beberapa faktor.
A. Faktor – faktor yang mempengaruhi Permintaan :
1.
Harga
2.
Pendapatan
3.
Harga barang lain yang berkaitan
4.
Selera konsumen
5.
Perkiraan
2.Penawaran
Bila permintaan merupakan tinjauan kegiatan ekonomi dari segi pembeli atau konsumen, maka penawaran merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh penjual atau produsen. Yang dimaksud dengan Penawaran adalah jumlah barang dan jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual. Berikut kita lihat faktor-faktor apa sajakah yang menentukan jumlah penawaran.
A. Faktor – faktor yang mempengaruhi Penawaran :
Bila permintaan merupakan tinjauan kegiatan ekonomi dari segi pembeli atau konsumen, maka penawaran merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh penjual atau produsen. Yang dimaksud dengan Penawaran adalah jumlah barang dan jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual. Berikut kita lihat faktor-faktor apa sajakah yang menentukan jumlah penawaran.
A. Faktor – faktor yang mempengaruhi Penawaran :
1.
Harga
2.
Teknik produksi
3.
Harga sumber produksi
4.
Perkiraan
Nama : Gilang
Reva S
Kelas : X_IPS 4
NO : 16
Tidak ada komentar:
Posting Komentar